Selamat datang

GMKI LUWUK ►►PERHATIAN WEB INI MASIH TAHAP PERBAIKAN sebagian button mungkin tidak berfungsi!!!

Monday, August 5, 2013

Pernyataan Sikap PP GMKI mengenai ledakan di Vihara Ekayana

PENGURUS PUSAT GERAKAN MAHASISWA KRISTEN INDONESIA
ATAS LEDAKAN DI VIHARA EKAYANA
Senin, 05 Agustus 2013
Apapun yang menjadi alasan pelaku dalam Ledakan di Vihara Ekayana tidak dapat dibenarkan secara rasio karena dapat memicu ketidak harmonisan kehidupan dalam bermasyarakat yang berpotensi kearah konflik horisontal dalam hal ini yang dirugikan tentunya masyarakat luas yang terprovokasi oleh ulah manusia yang tidak mengerti kehadirannya di dunia ini. Pengurus Pusat GMKI prihatin disaat pengakuan, penghormatan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia menjadi bagian penting dalam negara hukum indonesia akan tetapi pengeboman ini menjadi bukti nyata negara belum maksimal dalam memproteksi kehadiran kaum ekstrimis yang sejatinya merusak tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ledakan di Vihara Ekayana harus di maknai sebagai kritik terhadap ketidak maksimalan negara dalam menjalankan fungsinya tapi perbuatan tersebut tidak dapat dibenarkan secara moral dan agama. Pengurus Pusat GMKI dalam hal ini menyatakan sikapnya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni:
(1).     Pengurus Pusat GMKI menyayangkan Ledakan di Vihara Ekayana merupakan perbuatan oknum manusia yang tidak mengerti kehadirannya di dunia ini, karena perbuatan tersebut merupakan wujud ketidak pahaman dari indahnya keharmonisan dalam bingkai perbedaan dan perbuatan tersebut patut di sayangkan.
(2).     Ledakan di Vihara Ekayana tidak dapat dibenarkan perbuatannya oleh agama manapun yang diakui dinegara ini, karena sejatinya agama bermanfaat mendidik manusia untuk berani menegakkan kebenaran dan takut untuk melakukan kesalahan
(3).     Pengurus Pusat GMKI Menuntut segera agar negara menangkap pelaku Ledakan di Vihara Ekayana agar tidak menjadi larut dalam pembahasan yang tidak berujung pada kepuasan masyarakat yang peduli terhadap keharmonisan kehidupan dalam bermasyarakat yang plural.
(4).     Menghukum pelaku Ledakan di Vihara Ekayana  seberat-beratnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia ini, agar perbuatan yang sama tidak terulang kembali.
(5).     Menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi untuk bertindak anarkis sebagai wujud respon terhadap Ledakan di Vihara Ekayana.
(6).     Mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk kembali memahami esensi dari kehadiran manusia sebagai ciptaan Tuhan di dunia ini dan kembali mengamalkan ajaran agama masing-masing demi tercapainya Indonesia yang berkeadilan.
Demikian respon PP GMKI terhadap Ledakan di Vihara Ekayana oleh oknum manusia yang tidak bertanggungjawab, kiranya negara kembali peka agar hal serupa tidak terulang kembali dan rakyat tidak selalu menjadi korban karena ketidak pekaan negara untuk mendeteksi kejadian-kejadian serupa. Rakyat menjadi sentral perhatian betapa mereka telah terabaikan oleh negara, yang begitu senjang dari cita tujuan penyelenggaraan bernegara. Terima Kasih…!
Ut Omnes Unum Sint

Sumber:

No comments:

Post a Comment