Selamat datang

GMKI LUWUK ►►PERHATIAN WEB INI MASIH TAHAP PERBAIKAN sebagian button mungkin tidak berfungsi!!!

Friday, February 7, 2014

Logo Dies Natalis GMKI yang ke-64 Tahun 2014





Dimalam hari, di Jl. Teuku Umar kediaman Johanes Leimena, saat para mahasiswa Kristen berkumpul dalam masa perselisihan antara CSV Baru dan PMKI mengenai lembaga resmi yang akan menjadi wadah persekutuan mahasiswa Kristen. Semangat mempersatukan persekutuan mahasiswa Kristen dalam satu irama gerak ke-Indonesia-an dan ke-Kristen-an menjelma dalam satu wadah keoikumenean, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

 
Hari itu, 09 Februari 1950, Johanes Leimena membacakan pidatonya mengenai spirit dan cita-cita dari GMKI :

“Tindakan ini adalah suatu tindakan historis bagi dunia mahasiswa umumnya dan masyarakat Kristen khususnya. GMKI menjadilah pelopor dari semua kebaktian yang akan dan mungkin harus dilakukan di Indonesia. GMKI jadilah suatu pusat, tempat latihan, dari mereka yang bersedia bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan dan kebaikan negara dan bangsa Indonesia. GMKI bukan merupakan suatu gessellschaft, tetapi ia adalah suatu gemeinschaft, persekutuan dalam Kristus Tuhannya. Dengan demikian ia berakar baik dalam gereja maupun dalam nusa dan bangsa Indonesia. Sebagai suatu bagian daripada iman dan roh, ia berdiri ditengah-tengah dua proklamasi: Proklamasi Kemerdekaan Nasional, dan Proklamasi Tuhan Yesus Kristus dengan InjilNya, yaitu Injil Kehidupan, Kematian dan Kebangkitan”

Tahun ke tahun, GMKI mengarungi pelayanannya di Indonesia, dalam dunia kemahasiswaan, dalam sebuah spirit ke-Indonesia-an dan Ke-oikumene-an. Kini akan menginjak usianya yang ke 64 tahun membangun persekutuan.
Perahu diatas ombak menjadi sebuah refleksi ingatan bagi semua insan GMKI, bahwa tugas kita mengarungi pelayanan di Indonesia masih berjalan dalam spirit Ut Omnes Unum Sint.


No comments:

Post a Comment